Home Nasional Otonomi Politik Ekonomi Hukrim Sport LifeStyle Metropolis Pendidikan Internasional Indeks
 
Melaksanakan Ops Yustisi Team Gempur Polsek Teluk Mengkudu Untuk Memutus Penyebaran Virus Covid-19
Sabtu, 30-10-2021 - 17:31:04 WIB
TERKAIT:
   
 

GardaTerkini.com, Teluk Mengkudu - Dalam rangka penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala Mikro di wilayah Kecamatan Teluk Mengkudu serta untuk mengendalikan penyebaran Virus Covid-19, Polsek Teluk Mengkudu, Polres Serdang Bedagai menggelar Ops Yustisi Gempur Covid-19 di wilayah Kecamatan Teluk Mengkudu, sekira pukul 10:00 Wib s/d selesai. Sabtu (30/10/2021)

Operasi Yustisi Gempur Covid-19 yang dilaksanakan Polsek Teluk Mengkudu, Polres Serdang Bedagai berdasarkan UU No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, Instruksi Presiden (Inpres) No. 6 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum Protokoler kesehatan, Inmendagri No. 17 Tahun 2021 tentang Pepanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Inmendagri No. 20 Tahun 2021 tentang Perubahan Inmendagri Nmr 17 Tahun 2021 tentang  Pepanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)  berbasis Mikro dan mengoptimalkan Posko penanganan Covid 19 di tingkat Desa dan Kelurahan untuk pengendalian penyebaran Virus Covid 19, Inmendagri Nomor 23 tahun 2021 tanggal 20 Juli 2021 tentang PPKM berbasis Mikro dan mengoptimalkan Posko penanganan Covid 19 di tingkat Desa/ Kelurahan untuk pengendalian Covid 19, Instruksi Gubernur Sumatera Utara No.188.54/26/INST/2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan  Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Perda Provinsi Sumatera Utara No. 01 Tahun 2021 tanggal 03 Juni 2021 tentang penegakan displin dan penegakan hukum protokol kesehatan dan Instruksi Bupati Serdang Bedagai Nomor : 18.2/443/4046/2021 tgl 6 Juli 2021tentang Perpanjangan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam rangka pengendalian penyebaran Virus Covid 19 di tingkat Desa dan Kelurahan untuk mengendalikan penyebaran Virus Covid 19 di Kab. Serdang Bedagai.

Untuk jumlah personil yang melaksanakan kegiatan tersebut, dari Polri berjumlah 6 orang, TNI berjumlah 1 orang dan dari Trantib berjumlah 1 orang.

Dalam Ops Yustisi yang dilaksanakan Polsek Teluk Mengkudu masih ditemukan masyarakat/ pedagang yang tidak menggunakan masker dan belum mengikuti Vaksinasi Covid-19 pada saat berjualan di Pasar Tradisional Pekan Sialang Buah Kec. Teluk Mengkudu, Masih ditemukan masyarakat/ warga yang tidak mematuhi prokes saat berbelanja dan Masih ditemukan masyarakat/ pengendara yang tidak tertib berlalu lintas dan tidak menggunakan helm.

Pantauan dilokasi, Tim Gabungan Ops Yustisi Gempur Covid-19 memberikan himbauan dan teguran di tempat-tempat keramaian atau pelanggaran prokes memutar balik kendaraan R2 maupun R4 yang tidak mematuhi prokes serta
Memberikan teguran lisan dan tindakan fisik kepada pelanggar prokes, Kemudian membagikan masker kepada warga yang tidak menggunakannya setelah dilakukan teguran atau tindakan.

Selanjutnya, Tim Gempur Covid-19 memberikan himbauan kepada masyarakat agar mengindahkan/ mematuhi protokol kesehatan dan peraturan pemerintah lainnya untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dengan menjalankan aktifitas seperti biasa namun tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ada beberapa langkah yang dianjurkan Tim Gempur Covid-19 kepada masyarakat antara lain, Setiap beraktifitas di luar rumah wajib menggunakan masker, Rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun pada air yang mengalir, Menjaga jarak minimal 1 - 2 meter, Menghimbau masyarakat untuk mendisiplinkan dirinya dengan berdiam diri di rumah bila tidak ada kepentingan mendesak di luar rumah, Asupan makanan bergizi untuk menambah imun tubuh, apabila ada gejala demam, batuk dan pilek segera periksakan diri ke faskes terdekat dan kepada pemilik usaha agar menyediakan fasilitas cuci tangan, air mengalir dan sabun.

Sebanyak 20 orang mendapatkan teguran secara lisan dan membagikan masker 1 pcs kepada masyarakat yang masih di jumpai tidak menggunakan masker.

Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan Ops Yustisi Gempur Covid-19 Polsek Teluk Mengkudu tersebut agar masyarakat dapat memahami himbauan tentang Protokol Kesehatan yang disampaikan sesuai anjuran Pemerintah dan giat berjalan dengan baik tanpa ada penolakan dari masyarakat.

Masyarakat juga memahami pentingnya menjaga jarak dan tatacara pemakaian masker serta meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan olahraga raga teratur serta istirahat yang cukup.

Masyarakat  mengetahui tentang Pergub tersebut dan sanksi apabila tidak mematuhinya dan terciptanya suasana nyaman di lingkungan masyarakat. (derman yatviko)




 
Berita Lainnya :
  • Kapolres Tanjung Balai Hadiri Upacara Hari Bhakti Imigrasi Ke 73
  • Sat Lantas Polres Tanjung Balai Lakukan Lalu Lintas Di 13 Titik Persimpangan
  • Karekter Polri Yang Baik Humanis, Personil Polres Tanjung Bala Ikuti Pembinaan Rohani Mental
  • Sat Polair Polres Tanjung Balai Beri Himbauan Kapal Melaut
  • Dua Pemilik Daun Ganja Kering Ditangkap Gabungan Polres Bengkalis & Reskrim Polsek Bukit Batu
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Kapolres Tanjung Balai Hadiri Upacara Hari Bhakti Imigrasi Ke 73
    02 Sat Lantas Polres Tanjung Balai Lakukan Lalu Lintas Di 13 Titik Persimpangan
    03 Karekter Polri Yang Baik Humanis, Personil Polres Tanjung Bala Ikuti Pembinaan Rohani Mental
    04 Sat Polair Polres Tanjung Balai Beri Himbauan Kapal Melaut
    05 Dua Pemilik Daun Ganja Kering Ditangkap Gabungan Polres Bengkalis & Reskrim Polsek Bukit Batu
    06 Al Fikri Mantan Pemain PS Kerinci Hari ini Resmi Dilantik Menjabat Kades Siulak Panjang
    07 Sat Res Narkoba Polres Bengkalis Amankan Pemilik Narkoba Seberat 4,80 Gram Di Bathin Solapan
    08 Walikota Tanjung Balai : Tahun 2023 Lakukan Pengerukan Sedimentasi Sungai Pendangkalan Dalam Menyele
    09 Walikota Waris Tholib : Buka Rakercab Pramuka 2023, Akan Ikuti Jambore Nasional Di Korea
    10 Waka DPC LSM Penjara PN Sergai, Angkat Bicara Terkait Bantuan Pisew Aspirasi DPR RI Terbengkalai
    11 PPK Gunung Tujuh Melaksanakan Orientasi Tugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) Dalam Kecamatan G7
    12 Pemuda Kecipratan Uang Hangus, Dugaan Perselingkuhan Kades Pauh Tinggi Dipeti Eskan
    13 Latabas Tanjungbalai Miliki Kekompakan, Mentalitas & Dukungan Kuat Mewujudkan ZI WBK & WBBM
    14 Kasat Reskrim Polres Tanjung Balai Pimpin Apel Sat Fung Anev
    15 Program Kotaku & Pisew 2022 Desa Pekan Tanjung Beringin Terlaksana Dengan Baik
    16 Penjual Salak Tak Sangka Dagangannya Diborong Kapolres Tanjungbalai
    17 Wali Kota Waris Tholib Hadiri Pelantikan PPS Tahun Pemilihan 2024
    18 H Rusli Ahmad Ketua PWNU Riau Hadiri Acara Perayaan Imlek Bersama 2023
    19 Bupati Kerinci Lantik 87 Pejabat Lingkup Pemda Kerinci
    20 Sukiman Lengser SK Pengurus DPC Gerindra Rohul Resmi di Nakhodai Budiman Lubis
    21 Awalnya Isu Lahar Dingin, Menjadi Tujuan Wisata Baru dan Menghasilkan Pundi-Pundi Rupiah
    22 Jemaat Ibadah Kelenteng & Vihara, Sat Lantas Polres Tanjungbalai Laksanakan Pengaturan Arus Lalin
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © GardaTerkini.com | Media Online | Bertindak demi Kebenaran