Home Nasional Otonomi Politik Ekonomi Hukrim Sport LifeStyle Metropolis Pendidikan Internasional Indeks
 
H Sukiman Hadiri Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda 2023
Selasa, 17-01-2023 - 22:38:46 WIB
TERKAIT:
   
 

GardaTerkini.com, Rokan Hulu - H. Sukiman Bupati Rokan Hulu, ikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forkopimda tahun 2023 dan Menegaskan Komitmen dan Siap Mengikuti Arahan dari Presiden RI Joko Widodo yang di laksanakan di Sentul International Convention Center, Selasa(17/01/2023).

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia Tahun 2023 di buka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan mengusung tema “penguatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi”, Bupati Rohul H. Sukiman yang di dampingi Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra ST M.Si, Kajari Rohul Pri Wijeksono, SH.MH,dandim 0313/KPR, Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH dan Kepala BPS Rohul Surya Legowo SST M.Si

Presiden Jokowi mengingatkan 6 hal penting kepada para pimpinan daerah antara lain tentang pengendalian inflasi, penanganan kemiskinan ekstrim, stunting, kemudahan investasi, perbaikan birokrasi dan APBD. Serta penggunaan produk dalam negeri, branding kota, juga stabilitas politik, keamanan dan toleransi antar umat beragama.
Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas kerja keras semua pihak, baik pusat maupun daerah, sehingga pandemi COVID-19 di tanah air dapat dikendalikan dan pertumbuhan ekonomi dapat terjaga.

“Alhamdulillah, pandemi berhasil kita kelola dan kita kendalikan dengan baik, dan stabilitas ekonomi juga bisa kita manage, kita pertahankan sehingga berada pada posisi yang sangat baik. Ini berkat kerja keras kita semuanya,” ungkap Presiden.

Dalam Pidatonya Presiden mencontohkan, tingkat vaksinasi COVID-19 di Indonesia mencapai 448 juta dosis suntikan. Presiden mengakui, penyuntikan 448 juta dosis vaksin tersebut bukan pekerjaan yang mudah namun hal tersebut dapat dilakukan karena dukungan berbagai elemen bangsa.

“Menyuntik 448 juta suntikan bukan barang yang gampang, tapi karena TNI juga ikut, Polri juga ikut, seluruh gubernur, bupati, wali kota, sampai ke tingkat RT/RW semuanya ikut. Itu yang menyebabkan kita bisa menyelesaikan COVID-19 dengan baik,” terangnya.

Di terangkan, Meski mampu melalui tahun turbulensi ekonomi di 2022 dengan baik, Indonesia harus tetap hati-hati dan tetap waspada karena tahun 2023 masih menjadi tahun ujian bagi ekonomi global.

“Semuanya harus hati-hati, harus bekerja keras semuanya mendeteksi informasi-informasi dan data-data yang ada di lapangan sehingga jangan sampai kita keliru membuat kebijakan. Sekecil apapun kebijakan itu harus berbasis pada data dan fakta-fakta di lapangan,” tegasnya.

Dalam kegiatan yang sama tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan, bahwa pada tahun 2022 kolaborasi antara instansi pusat dan daerah mampu menjaga pertumbuhan ekonomi di tanah air, dan Rakornas juga di hadiri sebanyak 4.545 peserta dan akan terbagi dalam empat panel.

Panel I membahas mengenai pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi, dengan pembicara Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, dan Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Budi.

Panel II dengan bahasan penguatan investasi, hilirisasi, dan kemudahan perizinan berusaha, menghadirkan pembicara Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto.

Panel III membahas mengenai penanganan COVID-19, stunting, kemiskinan dan jaring pengaman sosial, dengan pembicara Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, serta ahli fisika dan matematika Yohanes Surya.

Panel IV dengan bahasan stabilitas politik, hukum, pengamanan, dan pengawasan, menghadirkan pembicara Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Jaksa Agung ST. Burhanuddin, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh, serta Panglima TNI Yudo Margono. (Diskominfo/Ag)




 
Berita Lainnya :
  • Kapolres Tanjung Balai Hadiri Upacara Hari Bhakti Imigrasi Ke 73
  • Sat Lantas Polres Tanjung Balai Lakukan Lalu Lintas Di 13 Titik Persimpangan
  • Karekter Polri Yang Baik Humanis, Personil Polres Tanjung Bala Ikuti Pembinaan Rohani Mental
  • Sat Polair Polres Tanjung Balai Beri Himbauan Kapal Melaut
  • Dua Pemilik Daun Ganja Kering Ditangkap Gabungan Polres Bengkalis & Reskrim Polsek Bukit Batu
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Kapolres Tanjung Balai Hadiri Upacara Hari Bhakti Imigrasi Ke 73
    02 Sat Lantas Polres Tanjung Balai Lakukan Lalu Lintas Di 13 Titik Persimpangan
    03 Karekter Polri Yang Baik Humanis, Personil Polres Tanjung Bala Ikuti Pembinaan Rohani Mental
    04 Sat Polair Polres Tanjung Balai Beri Himbauan Kapal Melaut
    05 Dua Pemilik Daun Ganja Kering Ditangkap Gabungan Polres Bengkalis & Reskrim Polsek Bukit Batu
    06 Al Fikri Mantan Pemain PS Kerinci Hari ini Resmi Dilantik Menjabat Kades Siulak Panjang
    07 Sat Res Narkoba Polres Bengkalis Amankan Pemilik Narkoba Seberat 4,80 Gram Di Bathin Solapan
    08 Walikota Tanjung Balai : Tahun 2023 Lakukan Pengerukan Sedimentasi Sungai Pendangkalan Dalam Menyele
    09 Walikota Waris Tholib : Buka Rakercab Pramuka 2023, Akan Ikuti Jambore Nasional Di Korea
    10 Waka DPC LSM Penjara PN Sergai, Angkat Bicara Terkait Bantuan Pisew Aspirasi DPR RI Terbengkalai
    11 PPK Gunung Tujuh Melaksanakan Orientasi Tugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) Dalam Kecamatan G7
    12 Pemuda Kecipratan Uang Hangus, Dugaan Perselingkuhan Kades Pauh Tinggi Dipeti Eskan
    13 Latabas Tanjungbalai Miliki Kekompakan, Mentalitas & Dukungan Kuat Mewujudkan ZI WBK & WBBM
    14 Kasat Reskrim Polres Tanjung Balai Pimpin Apel Sat Fung Anev
    15 Program Kotaku & Pisew 2022 Desa Pekan Tanjung Beringin Terlaksana Dengan Baik
    16 Penjual Salak Tak Sangka Dagangannya Diborong Kapolres Tanjungbalai
    17 Wali Kota Waris Tholib Hadiri Pelantikan PPS Tahun Pemilihan 2024
    18 H Rusli Ahmad Ketua PWNU Riau Hadiri Acara Perayaan Imlek Bersama 2023
    19 Bupati Kerinci Lantik 87 Pejabat Lingkup Pemda Kerinci
    20 Sukiman Lengser SK Pengurus DPC Gerindra Rohul Resmi di Nakhodai Budiman Lubis
    21 Awalnya Isu Lahar Dingin, Menjadi Tujuan Wisata Baru dan Menghasilkan Pundi-Pundi Rupiah
    22 Jemaat Ibadah Kelenteng & Vihara, Sat Lantas Polres Tanjungbalai Laksanakan Pengaturan Arus Lalin
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © GardaTerkini.com | Media Online | Bertindak demi Kebenaran