Home Nasional Otonomi Politik Ekonomi Hukrim Sport LifeStyle Metropolis Pendidikan Internasional Indeks
 
Dalam Musrenbang Kecamatan Pinggir, Bupati Bengkalis Sebutkan Alokasi Anggaran Tahun 2024
Rabu, 24-01-2024 - 19:38:40 WIB
TERKAIT:
   
 

GardaTerkini.com, Pinggir - Bupati Bengkalis Kasmarni menyebutkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024.Kecamatan Pinggir telah mendapatkan alokasi anggaran, yang akan diperuntukkan untuk pembangunan peningkatan jalan dan beberapa kegiatan lainnya.


Kegiatan yang dimaksud, seperti peningkatan Jalan Lingkar Barat 40 M, peningkatan Jalan Gajah Han Pinggir 9 M, peningkatan Jalan Poros Buluh Apo menuju Sei Meranti (ruas poros buluh apo) 4 M, optimalisasi drainase se-Kecamatan Pinggir 4 M.


Kemudian peningkatan Jalan Tenda Biru Dusun II Sialang Rimbun 3 M dan kegiatan-kegiatan lainnya di sektor perumahan dan pemukiman, pendidikan, kesehatan, perkebunan, pertanian, perhubungan, dan sektor lainnya.


Juga disampaikan Bupati Kasmarni saat membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Pinggir tahun 2024, pada Rabu 24 Januari 2024, bertempat di aula Kantor Camat Pinggir.


Orang nomor satu di Negeri Junjungan ini mengatakan, sesuai dengan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Bengkalis pada tahun 2025, yaitu “Memantapkan Kualitas Sumberdaya Manusia, Infrastruktur dan Perekonomian Masyarakat Menuju Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera”.


Tema ini sebagai penguatan di tahun transisi perencanaan 2025 ke tahun perencanaan selanjutnya, yang menjadi prioritas pembangunan adalah memantapkan kualitas SDM, memantapkan infrastruktur dan memantapkan perekonomian masyarakat.


"Kami berharap, melalui forum ini, mari bersama kita sama merumuskan usulan program dan kegiatan yang lebih spesifik pada sektor peningkatan kualitas sdm, pembangunan infrastruktur dan pembangunan perekonomian masyarakat, agar kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dapat kita wujudkan,"ucap Kasmarni.


Karena itu, kepada seluruh perangkat daerah,atas nama Bupati tegaskan untuk merekam dengan baik usulan desa dan kelurahan dari Kecamatan Pinggir, agar nantinya dapat menjadi bagian dari rencana kerja perangkat daerah sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Pelajari dan pahami serta pertajam rumusan sasaran program dalam kegiatan yang disampaikan, dengan tetap mengedepankan azas efektifitas, efesiensi serta kemampuan keuangan daerah.


"Perlu kami ingatkan juga, ada beberapa program prioritas daerah, yang sipatnya terintegrasi dengan program nasional yang harus tetap kita tindak lanjuti, seperti program penghapusan kemiskinan ekstrim, penurunan stunting, peningkatan investasi dan pengendalian inflasi,"tuturnya.


Datuk Seri Setia Amanah ini juga menjelaskan, khusus untuk penurunan stunting, alhamdulillah, dalam kurun tahun 2021-2023, Pemkab Bengkalis telah berhasil melakukan prevalensi stunting dari 21,9% menjadi 4,4%. Sungguh prestasi yang sangat luar biasa, dan telah menempatkan Kabupaten Bengkalis menjadi daerah dengan angka prevalensi stunting terendah di Provinsi Riau.


"Kami minta upaya percepatan penurunan stunting ini terus dilakukan dengan membuat beberapa langkah strategis secara masiv, terstruktur, terukur dan terarah, mulai dari perangkat daerah, kecamatan, desa dan kelurahan, serta melibatkan banyak pihak, termasuk masyarakat itu sendiri,"ujarnya.


Selanjutnya, terkait kemiskinan ekstrem juga menjadi PR besar saat ini. Untuk itu, sinergitas semua pihak dalam menekan kemiskinan ekstrim, melalui sinkronisasi program dan kegiatan juga harus dilakukan se-efektif dan se-komprehensif mungkin oleh semua pihak. Dengan harapan, tingkat kemiskinan di daerah ini dapat ditekan semaksimal mungkin.


Begitu pula terkait dengan peningkatan investasi dan pengendalian inflasi, Kasmarni minta semuanya bergerak, buat program dan kegiatan yang benar-benar dapat menekan inflasi di daerah ini, terutama dalam menerapkan strategi 4k, yakni keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif.


"Perlu juga kami ingatkan, agar kecamatan dapat mensinkronkan tahapan penyusunan rencana strategisnya, dengan tahapan penyusunan RPJMD 2025–2029. upayakan agar semua permasalahan yang terindikasi di lima tahun mendatang dapat terselesaikan secara baik, dengan melibatkan banyak pihak, baik desa, kelurahan, dunia usaha dan pihak-pihak lainnya,"pesannya.


Kepada camat, lurah, kepala desa beserta jajarannya, Bupati minta untuk tetap menjaga netralitas dan integritas pada pemilu 2024 ini. Guna mewujudkan pemilu yang damai dan berkualitas di negeri ini.


Pada kesempatan itu mantan Camat Pinggir ini juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah menyerahkan bantuan dua unit ambulance program CSR PT. Bank Riau Kepri Syari’ah, yang diperuntukkan buat Pengurus Kecamatan Ikatan Keluarga Batak Riau (IKBR) Kecamatan Pinggir dan untuk DPD Perkumpulan Keluarga Nias Riau (PKNR) Kelurahan Talang Mandi Kecamatan Mandau. Untuk itu kepada IKBR dan PKNR sebagai penerima bantuan dapat dimanfaatkan serta merawat dengan baik.


"Alhamdulillah, hampir genap tiga tahun kepemimpinan kami sebagai kepala pemerintahan di daerah ini, berbagai macam prestasi sudah kita raih, dan berbagai program pembangunan juga sudah kita laksanakan, guna menjawab setiap kebutuhan dan harapan masyarakat. Tentunya, keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, terkhusus mitra kerja kami anggota DPRD Kabupaten Bengkalis,"pungkas Kasmarni lagi.


Hadir pada kegiatan tersebut, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, dan Pengawas serta Fungsional di Lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, Al Azmi dan Susianto Camat Pinggir Zama Rico Dakanahay dan para Forkompincam serta para seluruh peserta Musrenbang dan tamu undangan terhormat lainnya.(rls/Bcn).




 
Berita Lainnya :
  • 1 DPO, Tim Opsnal Polsek Tualang Amankan Pelaku Curat Merupakan Tetangganya
  • Info Buat Kapolda Sumut: Bandar Besar Narkoba & Judi, Diduga Terlibat Pembakaran Rumah Wartawan
  • Klarifikasi Pemberitaan SD Methodist 9 Kota Medan, Salah Satu Media Online Hanya Ajang Manfaat
  • Antuasme Masyarakat untuk Bergotong Royong, Harapan Masyarakat Gg Sakinah RT 04 RW 10
  • Polsek Mandau Bersama Gabungan BKO Polres Bengkalis, Adakan Ops Cipkon di Wilayah Hukum
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 1 DPO, Tim Opsnal Polsek Tualang Amankan Pelaku Curat Merupakan Tetangganya
    02 Info Buat Kapolda Sumut: Bandar Besar Narkoba & Judi, Diduga Terlibat Pembakaran Rumah Wartawan
    03 Klarifikasi Pemberitaan SD Methodist 9 Kota Medan, Salah Satu Media Online Hanya Ajang Manfaat
    04 Antuasme Masyarakat untuk Bergotong Royong, Harapan Masyarakat Gg Sakinah RT 04 RW 10
    05 Polsek Mandau Bersama Gabungan BKO Polres Bengkalis, Adakan Ops Cipkon di Wilayah Hukum
    06 Anggota Lantas Kandis Bersama Warga Gotong-royong Bersihkan Jalan Lintas
    07 Bupati Bengkalis Ikuti Rakor Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa Se-Riau
    08 Bawaslu Kabupaten Kerinci Disorot Terkait Perekrutan Panwascam
    09 Pemerintah Pusat Alokasikan Anggaran Sesuai Kebutuhan Daerah
    10 Firmansyah Kembalikan Formulir DPD Partai Nasdem Balon Bupati Muara Enim
    11 Surat Klarifikasi LSM & Media, Diduga Tak Digubris Kabalai PJN Riau Yohanis Tulak
    12 Wakil Bupati Pimpin Upacara Hardiknas, Dan Sampaikan Pesan Penting Mendikbudristek
    13 Diduga Pria Pelaku Penyalahgunaan Narkotika, Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Siak Amankan
    14 Mendagri Tito Karnavian Minta PWI Ikut Sosialisasikan Pilkada Damai
    15 Sambut Hardiknas 2024 Pemda Malteng Giat Bakti Massal
    16 Kapolres Siak Manfaatkan Inovasi Teknologi, Pimpin Pengamanan Unras Hari Buruh 2024
    17 PKS Permata Citra Rangau Salurkan CSR Bulanan Pada Warga Dan Santuni Anak Yatim
    18 Safari Halalbihalal Idulfitri Kembali Digelar, Bupati Sergai Kunjungi Kecamatan Sei Bamban, Tanjung
    19 Sergai Jadi Lokus Pendampingan Pra Penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik oleh Ombudsman RI Perwakilan
    20 Bupati Sampaikan Sekitar 20 Persen Dana Pendidikan Untuk Peningkatan SDM Pendidik
    21 PJ Bupati Malteng Apresiasi Kegiatan Lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9
    22 Pilkada Siak Mendatang, Buka Acara Seminar, Ini Pesan Indra Gunawan Untuk Pada Kader
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © GardaTerkini.com | Media Online | Bertindak demi Kebenaran