Home Nasional Otonomi Politik Ekonomi Hukrim Sport LifeStyle Metropolis Pendidikan Internasional Indeks
 
Pekerjaan Proyek PL di Dinas Pendidikan Kerinci Diduga Asal Jadi, Murison di Minta Turun Ke Lapangan
Rabu, 12-06-2024 - 20:42:53 WIB
TERKAIT:
   
 

GardaTerkini com, Kerinci -Pelaksanaan beberapa Proyek Penunjukan Langsung (PL) di Instansi Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci terkesan dikerjakan asal jadi.

Proyek PL merupakan Pekerjaan Paving block  dan Pekerjaan Pagar di SD maupun SMP.  Khususnya yang berada di lokasi Kecamatan  Kayu Aro Barat, Kayu Aro dan Gunung Tujuh.

Sebagai contoh pekerjaan Paving Block halaman SD Negeri 113/III Sako Dua Kec. Kayu Aro Barat Cv. Zuti Sridira, Pembangunan Paving Block SMP Negeri  43 Kerinci Kampung Baru Kecamatan Kayu Aro Barat Cv. Claudia Aqila, Pembangunan Pagar SD Negeri 144/III Sungai Sampun Kec. Kayu Aro Cv. Roqib Anugrah,  Paving Block halaman SD Negeri 156/III Tangkil Kec. Gunung Tujuh CV. Zuti Sridira,  Paving Block halaman SD Negeri 151/III Sungai Sikai Kec. Gunung Tujuh Cv. Lubuk Tanjung dan beberapa pekerjaan lainnya.

Pekerjaan pemasangan paving block pelaksanaannya terkesan asal jadi. Pasalnya, pada awal pemasangan paving block yang bersumber dari anggaran Dinas Pendidikan pada awal pelaksanaanya diduga halaman sekolah tidak diratakan dan pemadatan  terlebih dahulu, serta mutu atau kualitas Paving Block sangat diragukan, mudah pecah dikarenakan kurang kandungan semennya. Dan pemasangannya tidak rata yang penting jadi.

Sedangkan pekerjaan pagar diduga tidak memenuhi spesifikasi teknis, seperti galian pondasi yang dangkal, pembesian balok maupun tiang, rajutan besi jarang sehingga mengurangi volume pembesian.

Dari hasil pantauan awak media ini di lapangan, terkesan dikerjakan asal jadi, hal ini disebabkan diduga tidak adanya pengawasan dari Dinas Pendidikan dan konsultan pekerjaan, padahal sudah dianggarkan untuk biaya pengawasan yang didominasi oleh perusahaan konsultan dari Pekanbaru seperti yang dibawah ini :
1.    CV. AlTaaf Raya Engineering beralamat  Jl. Gelatik Raya No. 02 RT. 001 RW. 008 Kel. Maharatu Kec. Marpoyan Damai Pekanbaru, Kegiatan Jasa Konsultan Pengawasan Pembangunan  Pagar TK dan Ruang Pertemuan Dinas Nilai Kontrak sebesar Rp. 38.983.200
2.    CV. AlTaaf Raya Engineering beralamat  Jl. Gelatik Raya No. 02 RT. 001 RW. 008 Kel. Maharatu Kec. Marpoyan Damai Pekanbaru, Kegiatan Jasa Konsultan Pengawasan Paving Block Nilai Kontrak sebesar Rp. 81.745.950
3.    CV. Syandananirwasita Indotech beralamat Jl. Merak XI No. 01 Sidomulyo Pekanbaru, Kegiatan  Jasa Konsultan Pengawasan Toilet SD, Toilet TK, Pembangunan Ruang Kantor SD, Pembangunan RKB TK, Rehab Ruang Kelas Tk dan Paving Block TK Nilai Kontrak sebesar Rp. 81.740.400
4.    CV. Syandananirwasita Indotech beralamat Jl. Merak XI No. 01 Sidomulyo Pekanbaru, Jasa Kegiatan  Konsultan Pengawasan Pagar dan Rehabilitasi Ruang Kelas SD Nilai Kontrak sebesar Rp. 81.740.400
5.    CV. Indo Fayyad Engineering beralamat  Perum Puri Mayang  Claster Raflesia Blok D No. 2 Kel. Mayang Mengurai Kec. Alam Barajo Kota Jambi, Kegiatan Jasa Konsultan Pengawasan Pembangunan Paving Block & Pagar SMP Nilai Kontrak sebesar Rp.81.707.100
6.    CV. BIZANTIUM Engineering Consultant beralamat Jl. Depati Parbo RT. 002 Kel. Karya Bakti Kec. Pondok Tinggi Kota Sungai Penuh Jambi, Kegiatan Jasa Konsultan Pengawasan Pembangunan Ruang Kelas, Rehabilitasi Ruang Kelas & Pembangunan Toilet SMP Nilai Kontrak sebesar Rp. 38.628.000.

Menjadi pertanyaan terhadap perusahaan Jasa Konsultan Pengawas yang berasal dari Pekanbaru, apakah benar atau sekedar namanya saja yang direkayasa oleh pihak-pihak tertentu

Kepala Dinas Pendidikan Kerinci H. Murison, S.Pd, S.Sos, M.Si dan Kasi Sarana dan Prasana Sekolah Dasar, Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Silisman, S.Sos saat dikonfirmasi beberapa waktu yang lalu menyampaikan bahwa semua kegiatan Pengadaan Langsung ( PL ) merupakan Pokir dari Dewan, kami hanya tinggal melaksanakan saja, siapa pelaksananya, harus melalui anggota dewan DPRD Kab. Kerinci yang mempunyai pokir tersebut karena Dinas Pendidikan Kerinci tidak memiliki kewenangan dalam menentukan siapa rekanan dan perusahaan yang mengerjakannya.

Bahkan dari penelusuran media ini , sering mendapatkan isu negatif terhadap pelaksanaan proyek PL di Dinas Pendidikan Kab. Kerinci, antara lain banyaknya uang ITB ( Iuran Tanpa Bukti ) dan IPB ( Iuran Pakai Bukti ) yang harus dipenuhi oleh pihak rekanan baik itu kepada anggota dewan sebagai pemilik barang ( Pokir ) maupun kepada pihak Dinas Pendidikan Kerinci.

Besarnya pengeluaran yang ditanggung rekanan dan kurang pengawasan dari dinas maupun konsultan pengawas, mengakibatkan mutu pekerjaan rendah alias asal jadi.

Selain rendahnya mutu dan kualitas pekerjaan diduga beberapa proyek dikuasai oleh seseorang seperti cik Edo , cik Reval mereka bahkan bisa mendapatkan proyek PL hingga 20 Item pekerjaan dari informasi yang didapat kan hampir tiap SKPD mereka mendapatkan proyek PL .

Mendengar Informasi ini tim Investigasi LSM P2AN saat ini berupaya untuk mengumpulkan data baik fisik pekerjaan maupun sumber dari anggota dewan mana mereka bisa mendapatkan paket hingga sebanyak itu hampir setiap tahunnya , jika data sudah lengkap Ketua LSM P2AN dan Anggota nya berjanji siap untuk melaporkan persoalan ini ke Aparat Penegak Hukum. Tegasnya (AL)




 
Berita Lainnya :
  • Wakil Bupati Siak Husni Merza Hadiri Pentas Seni Rakyat di Kampung Seminai Apresiasi Keaneragaman
  • Tutup Pelatihan Kemandirian, WBP Lapas Pancur Batu Terima Sertifikat Pelatihan dari LKP Adlia Mahard
  • MTQ Ke-5 Tingkat Kelurahan Air Jamban Resmi Dibuka Camat Mandai Riki Rahardi
  • Lapas Pancur Batu Kanwil Kemenkumham Sumut Gelar Razia Rutin Kamar Hunian WBP
  • Dugaan SPPD Fiktif, PETIR Minta Ditkrimsus Polda Riau Periksa Seluruh Anggota DPRD Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Wakil Bupati Siak Husni Merza Hadiri Pentas Seni Rakyat di Kampung Seminai Apresiasi Keaneragaman
    02 Tutup Pelatihan Kemandirian, WBP Lapas Pancur Batu Terima Sertifikat Pelatihan dari LKP Adlia Mahard
    03 MTQ Ke-5 Tingkat Kelurahan Air Jamban Resmi Dibuka Camat Mandai Riki Rahardi
    04 Lapas Pancur Batu Kanwil Kemenkumham Sumut Gelar Razia Rutin Kamar Hunian WBP
    05 Dugaan SPPD Fiktif, PETIR Minta Ditkrimsus Polda Riau Periksa Seluruh Anggota DPRD Riau
    06 Cup 2024 di Kampung Buana Makmur, Pembukaan Turnamen Bola Volly Taruna
    07 Wabup Husni : Memasukkan Anak ke Pondok Pesantren merupakan pilihan Terbaik
    08 MTQ Ke-18 Kelurahan Pematang Pudu Resmi di Buka Bupati Bengkalis di Wakili Camat Mandau
    09 Tekan Tombol Sirine Camat Mandau Pertanda Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an Kelurahan
    10 Mayat Seorang Laki Laki Ditemukan Warga Membusuk Dalam Rumah
    11 Unit Reskrim Polsek Tualang Tangkap Seorang Diduga Pelaku Curanmor
    12 Buruh Harian Lepas di Bengkalis Diamankan Opsnal Satres Polres Bengkalis
    13 Riki Rihardi Hadiri Acara Bagi Hasil Tahunan Usaha Ekonomi Kelurahan Simpan Pinjam
    14 Sambut Hari Jadi ke 38 Kampung Rawang Kao Bupati Siak Alfedri Hadir Ikuti Gerak Jalan Santai
    15 Pemda Siak Ikut Serta Menghadiri Undangan Family Gathering Angler Riau
    16 PJ Bupati Maluku Tengah Hadiri Acara Syukuran HUT Brigif 27 Nusa Ina
    17 PJ Bupati Malteng Sambut Baik Kegiatan Orientasi Pengenalan Lingkungan Kerja Bagi PPPK
    18 PJ Bupati Malteng Sambut Baik Acara Launching Intervensi Serentak Pencehan Stunting di Negeri Jerili
    19 Ulis Boro : Pemelihan Kepala Daerah Adalah Momen Krusial Bagi Masyarakat Untuk Menentukan Pimpinan
    20 Pemda Malteng Komitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Daerah
    21 Pemda Malteng Launching Digitalisasi Penerimaan Retribusi Dilingkup Dishub
    22 Korban Dugaan Kekerasan Seksual Buat Laporan Ke Polres TebingTinggi
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © GardaTerkini.com | Media Online | Bertindak demi Kebenaran